Senin, 08 Januari 2018

Kunjungan ke Galeri Nasional

Banyak yang bilang ke museum itu membosankan? Nggak juga kok. Contohnya ke Galeri Nasional, kamu ga bakal bosan saat menggunjungi museum tersebut. Museum ini akrab dibilang GalNas, tempat yang menjadi favorit untuk berburu foto terlebih lagi untuk para instragrammers. Karena pengunjung nya yang mayoritas anak muda.
Lokasi Galnas sendiri bertempatan di Jalan Medan Merdeka Timur No. 14, Gambir, Kota Jakarta Pusat. Galeri Nasional Indonesia (bahasa Inggris: National Gallery of Indonesia) adalah sebuah lembaga budaya negara yang gedung nya antara lain berfungsi sebagai tempat pameran, dan penyelenggaraan acara seni rupa Indonesia maupun mancanegara.
Sebelum resmi menjadi Galeri Nasional Indonesia, pada tahun 1900 Yayasan Kristen Carpentier Alting Stitching (CAS) membangun sebuah sekolah beserta asrama khusus bagi wanita yang merupakan sekolah pertama di Hinda Belanda. Perjuangan pengembangan dan perubahan nama menjadi Galeri Nasional Indonesia baru di perjuangkan oleh Prof. Edi Sedyawati sejaktahun 1995 yang pada akhirnya memperoleh penyetujuan oleh Menko Pengawasan Pembangunan dan Pendaya gunaan Aparatur Negara pada tahun 1998.
Dalam satu bulan Pameran yang diselenggarakan di Galeri Nasional Indonesia terdiri dari: Pameran Tetap, Pameran Temporter, dan Pameran Keliling yang memamerkan karya seni berbeda setiap bulannya. Di Galeri ini terdapat 4 gedung yang berbeda, yaitu Gedung A (1.350 M²), Gedung B (2.800 M²), Gedung C (750 M²) dan Gedung D (600 M²). Masing-masing gedung atau ruang dikhususkan untuk memajang karya seni rupa modern dan kontemporer, seperti lukisan, patung, kria, grafis, fotografi, instalasi, seni media baru, dan lain-lain.
Lobby depan museum berlantai ubin hitam dan cukup luas. Di sebelah kiri lobby dapat kita temui terdapat gambar uang 100 yang panjang di dalam kaca. Lalu di sebelah kanan lobby terdapat tempat untuk penitipan tas, karena saat masuk ke dalam kita tidak boleh membawa seperti tas, minuman ataupun makanan dan di depan lobby museum tersebut terdapat peta indonesia.Untuk masuk ke museum tersebut tidak diminta sepeser pun alias Gratissss. 
Melanjutkan langkah kedalam museum, terdapat beberapa ruang, dan disini ruang pamernya ditata apik dan modern lengkap dengan CCTV. Di dinding serta lantai museum juga terdapat informasi yang ditempel untuk memberikan arahan kepada pengunjung saat jalan-jalan di museum.
Di dalam ruangan juga terdapat lukisan-lukisan dan disetiap lukisan dan hitam yang dipajang juga dilengkapi dengan informasi, tetapi sayangnya hanya dilengkapi informasi tentang nama lukisan tersebut lalu berapa ukuran bingkainya dan tentang cat yang digunakan bukan tentang makna dari lukisan itu apa. Jika ingin berfoto dekat lukisan tersebut tidak boleh terlalu dekat dengan lukisan tersebut, karena takut jika lukisan tersebut goyang ataupun terjatuh nantinya. Dan di belakang museum juga terdapat lukisan doodle yang menjadi tempat paling menarik, karena banyak sekali anak muda atau orang tua yang berfoto di tempat tersebut.
Jika kalian liburan ke Jakarta, jangan lupa untuk mampir ke Museum Galeri Nasional, nyesel loh kalau tidak mampir kesini karena tempat ini bisa menambahkan wawasan kita.


-ZNF-

0 komentar:

Posting Komentar

 

Welcome To my Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang